Headlines:

Doktor Ilmu Hukum

V I S I

Terwujudnya Program Studi Doktor Ilmu Hukum yang terdepan dalam meningkatkan ilmu hukum, yang berwawasan kebangsaan serta memiliki keunggulan kompetitif di era global.


M I S I

1). Menyelenggarakan pendidikan untuk mengantar peserta didik mempunyai daya saing dan kepedulian terhadap masalah hukum yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, serta dunia internasional.

2). Mengembangkan, menyebarluaskan, dan memperkaya ilmu, serta teknologi, khususnya bidang ilmu hukum dalam dinamika masyarakat dan negara.


TUJUAN

1).    Menghasilkan Doktor Ilmu Hukum (yang dikaji baik secara empirik maupun normatif) agar mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam masyarakat, meliputi:

  • Kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan secara terstruktur berdasarkan pemilihan matakuliah-matakuliah yang berfungsi menunjang kemampuan peserta program untuk menemukan masalah penelitian  (yang praktis tetapi dapat dicari/ditemukan relevansi teoritiknya) dan kemudian untuk mendesainnya sebagai rencana penelitian  dalam suatu kegiatan kelas seminar. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu disiapkan matakuliah-matakuliah yang bermateri problema pembangunan berikut implikasi teoritiknya.
  • Kegiatan ilmiah yang dilakukan melalui penelitian yang dituangkan dalam suatu rencana penelitian, yang konsentrasi studinya difokuskan ke permasalahan hukum, dalam artian yang luas. Yaitu sebagai socio legal studies yang juga mencakup dimensi-dimensi struktural institusional dan kultural dari permasalahan hukum.
  • Kegiatan penulisan disertai yang merupakan karya tulis akademik hasil studi dan atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan yang didasarkan pada kerangka teori yang merupakan argumentasi yang bersifat nalar, dan tidak hanya memuat fakta-fakta, tetapi untuk mendapatkan pengertian yang mendalam tentang sebab-sebab dari fakta-fakta tersebut. Disertasi Doktor Ilmu Hukum bukan sekedar laporan penelitian.

2).    Menghasilkan Doktor Ilmu Hukum yang mampu merumuskan temuan-temuannya yang didasarkan pada penelitian mandiri, baik yang merupakan :

  • Sumbangan baru bagi perkembangan ilmu hukum melalui kajian normatif dan empirik.
  • Menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah dalam ilmu hukum yang merupakan  sumbangan orisinil bagi pengembangan ilmu hukum.
  • Mengajukan permasalah baru terhadap hal-hal yang telah dipandang mapan dalam ilmu hukum (dan ilmu lain) yang dilakukan dalam pernyataan-pernyataan melalui dalil-dalil.
  • Singkatnya disertasi merupakan bukti kemampuan seorang Doktor Ilmu Hukum dalam menangani masalah intelektual, serta mampu dan mumpuni menyelesaikan masalah tersebut dengan baik secara mandiri dan dengan kompetensi profesional yang tinggi.